November 21, 2017   |

Ir. Hediyanto W Husaini, MSCE, M.Si
Ketua Umum HPJI

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat datang di website resmi HPJI.
Kami harap website ini dapat bermanfaat sebagai sarana informasi, komunikasi dan sharing pengetahuan bagi seluruh stakeholders guna pengembangan jalan Indonesia.
Viva HPJI !!

DPD HPJI Jawa Tengah menyikapi terbentuknya USTK

Ditulis oleh HPJI Jawa Tengah | 11 September 2013 09:21 WIB

 

Menunjuk PP 04 jo PP 92 tahun 2010, Pasal 28a  : Dalam pelaksanaan tugas melakukan registrasi Tenaga Kerja Konstruksi, LPJK Nasional membentuk Unit Sertifikasi Tenaga Kerja Nasional dan LPJK Provinsi membentuk Unit Sertifikasi Tenaga Kerja Provinsi.Dalam lingkup ini penerbitan sertifikat keahlian akan dilakukan oleh USTK Provinsi.

Dalam waktu dekat ini LPJK Provinsi Jawa Tengah akan menerima Lisensi dari LPJK Nasional, yang berarti kegiatan penerbitan sertifikat keahlian  akan dilakukan oleh USTK LPJK Provinsi Jawa Tengah.

DPP HPJI adalah kelompok unsur yaitu  asosiasi profesi, yang memenuhi persyaratan atau kriteria untuk berperan aktif dalam pengembangan jasa konstruksi yang ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum. Dengan pemberian lisesnsi kepada USTK Provinsi Jawa Tengah maka DPD HPJI Jawa Tengah ,hanya akan melaksanakan verifikasi dan validasi data sedangkan penilaian akan dilakukan oleh USTK LPJK Prov Jawa Tengah.

Dilihat dari hal tersebut diatas akan terjadi pengurangan kegiatan didalam penerbitan Sertifikat Keahlian (SKA)yang semula dilakukan BSAD.  Semula mulai dari pembekalan, pengujian dan penilaian hingga penerbitan SKA semua dikerjakan oleh BSAD Provinsi Jawa  Tengah menjadi hanya meverifikasi dan menvalidasi data anggota HPJI yang akan mengajukan SKA sesuai dengan Permen PU no 10 tahun 2010.

Kondisi ini rasanya perlu disikapi oleh HPJI dengan tetap melakukan pembekalan dan pengujian bagi anggota HPJI yang akan mengajukan SKA, mengingat banyak atau bisa dikatakan hampir sebagian besar anggota HPJI yang akan mengajukan SKA kompetensi untuk dikatakan sebagai tenaga ahli Jalan sangat kurang . Data dari questioner yang dibagikan peserta setelah mengikuti pembekalan menunjukkan bahwa materi dari pembekalan sangat membantu mereka dilapangan meskipun mereka sudah bekerja dilapangan. Dari hasil diskusi setelahmereka  melakukan pembekalan dan pengujian banyak meyatakan rasa percaya diri mereka meningkat dan mendapat tambahan pengetahuan dari pembekal pengalaman-pengalaman teknis dilapangan yang selama ini belum mereka alami .

Dengan cara kita memberi bekal kepada anggota HPJI yang akan memperoleh SKA diharapkan peningkatan kualitas pembangunan jalan dan jembatan akan meningka., Effisiesi dan effektifitas kerja diharapkan juga akan meningkat .

Hal yang perlu juga menjadi perhatian kita adalah pembinaan bagi anggota yang ber SKA dengan memberikan peningkatan kompetensi akan hal-hal yang merupakan teknologi baru, meningkatkan pemahaman masalah hukum kontrak dan sikap serta perilaku selama "berpraktek" dengan SKA nya .

Dengan dilakukan kegiatan pembinaan berkesinambungan bagi anggota HPJI yang ber SKA diharapkan user akan merasa puas dengan kinerja anggota HPJI  ber SKA yang dipekerjakan, menurunnya permasalah- permasalahan hukum  serta sikap serta perilaku anggota yang selalu mengikuti kode etik HPJI  akan menjadi profesionalis yang amanah serta tawaduk. Semoga (HW B-00780).