112th REAAA Council Meeting

shared
Tanggal :20 Juli 2020 ,by HPJI Pusat

112th REAAA Council Meeting (Remote Meeting - Zoom), 7 Juli 2020.


Saat ini dunia sedang di uji oleh penyebaran Covid-19 yang telah memakan korban jiwa yang sangat banyak, dan tidak ada negara di belahan dunia manapun yang tidak terancam oleh virus penyebab Covid-19 ini, dan banyak negara akhirnya memutuskan untuk  menutup diri dan membatasi masyarakatnya dari aktivitas sosial umumnya sebagai salah satu jalan untuk menghentikan penyebarannya. Namun ternyata dengan teknologi, pembatasan interaksi langsung yang diterapkan saat ini tidak menghentikan kita untuk tetap berkomunikasi, demikian halnya dengan pertemuan asosiasi pengembangan jalan Asia dan Asutralia atau REAAA - Road Engineering Association Asia Australia yang akhirnya dilaksanakan via video conference.

 

Teknologi telah membuktikan bahwa pada tanggal 7 Juli 2020, kurang lebih sebanyak 8 negara anggota asosiasi REAAA yakni, Indonesia, Malaysia, Filipina, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Australia, New Zealand tetap dapat melakukan pertemuan ke 112 Governing Council melalui video conference yang mana hal ini adalah kali pertamanya dilaksanakan dengan cara ini (Absen dengan permohonan maaf : Singapore, Brunei dan Thailand).

 

Sekilas kebelakang, pertemuan REAAA Governing Council umumnya dilaksanakan secara langsung di suatu negara tuan rumah yang ditunjuk sebelumnya dan pertemuan ke 111 sebagai contoh dilaksanakan di Abu Dhabi, UAE pada bulan Oktober 2019, delegasi dari negara-negara anggota hadir pada Council Meeting tersebut. Ketika pertemuan ke 111 Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pertemuan lanjutannya atau yang ke 112 di bulan April 2020.        Namun dikarenakan kebijakan pembatasan pertemuan langsung yang diberlakukan di banyak negara saat pandemic Covid-19 ini, maka setelah melalui banyak pertimbangan, negara-negara anggota memutuskan mengubah jadwal dan cara melakukan pertemuan yang akhirnya diputuskan melalui remote meeting dengan Zoom platform.


Kegiatan 112th REAAA Council Meeting (Remote Meeting - Zoom) untuk delegasi Indonesia dilaksanakan pada tanggal 7 Juli 2020 bertempat di Ruang Rapat Ampera, BPSDM Kementerian PUPR, Gedung Heritage lantai 2, Jl. Pattimura 20, Jakarta Selatan. Pertemuan ini dihadiri oleh:

 

1.       DR. A. Hermanto Dardak/Immediate Past President of REAAA

2.       Lydwina Marchiela Wardhani/Honorary Treasurer of REAAA

3.       DR. Hedy Rahadian/Council Member of REAAA

4.       Ir. Sugiyartanto, MT/Council Member of REAAA

5.       Ir. Taufik Widjoyono, MSc/Co-Opted Council Member of REAAA

6.       Ir. Rachman Arief Dienaputra, MSc/Co-Opted Council Member of REAAA

7.       Ir. Destiawan Soewardjono, MM/Co-Opted Council Member of REAAA

8.       DR. Yusuf Adinegoro/Young Engineer Professionals

9.       Julia Augustine, ST, MT/Young Engineer Professionals

10.   Alfa Adib Ashshidiqi, ST, MSc, IPM/Young Engineer Professionals.

 

 

Adapun agenda acaranya adalah pembukaan oleh President REAAA, Mr. Momo S. Romeo dari Filipina, yang kemudian dilanjutkan pemaparan perkembangan dari masing-masing negara anggota. Antara lain Perkenalan DR. Hedy Rahadian selaku Council Member baru yang mewakili Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Laporan keuangan oleh L.M. Wardhani (REAAA: Honorary Treasurer), laporan keanggotaan oleh Ir. Sugiyartanto, MT (REAAA: Membership Promotions Committee/Council Member), dan laporan anggota kehormatan oleh Dr. A. Hermanto Dardak (REAAA: Honorary Membership/Immediate Past President).

Hasil kegiatan ini antara lain adalah mendorong keterlibatan negara-negara anggota untuk aktif dalam mensukseskan konferensi REAAA yang ke 16 di Filipina yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2021 dan mengajak negara anggota untuk menominasikan seseorang yang berjasa dalam pengembangan jalan untuk mendapatkan Hwang award. Selain itu juga, REAAA mendorong anggotanya untuk menominasikan proyek-proyek konstruksi jalan untuk menjadi yang terbaik di Asia dan Australasia di dalam Mino Best Project Award.

Dengan harapan yang tinggi, semoga pandemic Covid-19 dapat berakhir cepat, HPJI pada khususnya mendorong para insan pengembangan jalan Indonesia untuk ikut serta di dalam Konferensi REAAA yang ke 16 di Filipina yang diyakini sebagai acara yang sangat baik tidak hanya untuk menyampaikan perkembangan bidang jalan di Indonesia kepada dunia namun juga sebagai ajang berjejaring dengan para insan pengembangan jalan dari negara-negara dari seluruh dunia.

112th REAAA Council Meeting (Remote Meeting - Zoom)

7 Juli 2020, ruang rapat Ampera, BPSDM PUPR, Jakarta.


poto1.png

poto2.jpg

poto3.jpg

poto4.jpg

poto5.jpg

poto6.jpg

poto7.jpg

poto8.jpg

poto9.jpg

poto10.jpg